Selasa, 08 April 2014

KANGEN "Menyusahkan/menyenangkan"

Kangen… mendengar kata itu rasanya agak gimna gitu, campur aduk lah, jadi tidak tau bagaimana nanti rasanya kalau pas matang. Ok.. kangen itu sebenarnya hal yang sangat umum dan lumprah terjadi dalam gejolak hidup manusia. Kangen itu bisa datang kapan saja dan dimana saja, jadi ibaratnya kangen itu tidak mengenal apa, kapan, siapa, dimana, mengapa dan bagaimana.  Dalam menjalani sebuah hubungan percintaan pasti ada yang namanya susah dan senang, itu pasti!, tapi sampai saat ini gue bingung sama yang namanya kangen, itu tergolong susah apa senang ya?
             
Kalau kita berpikir lebih jauh tentang kangen itu maka akan susah dinalar dan susah untuk dimasukan ke dalam akal sehat manusia, kenapa?. Tentu saja susah dimengerti, yang pasti itu kangen itu datangnya kadang tiba-tiba, jadi seumpama kamu punya pacar dan tiba-tiba ingat dia, pasti kangen itu akan datang kepadamu, jadi kalau dibandingin dengan rutinitas perempuan setiap bulan yang sering disebut “halangan” itu lebih mudah “halangan” yang dialami oleh wanita, kenapa? Tentu saja karena kalau halangan pada wanita itu tidak jauh sama tanggal kapan biasanya dia datang pertama, sudahlah jangan diterusin, banyak anak kecil.

Kangen itu datangnya tidak menghiraukan jam, tanggal, bulan dan tahun, jadi kangen itu menurut gue sontoy banget, karena datang tidak bilang-bilang dan sesukanya gitu, datang dan pergi sesukanya. Mungkin kangen itu tidak punya jadwal kali makanya datang dan pergi begitu saja. menjawab pertanyaa di paragraf pertama tadi, kalau menurut gue kangen itu termasuk golongan susah dan senang, itu tergantung situasi dan kondisinya aja, jadi kalau ditanya kangen itu termasuk menyenangkan atau menyusahkan, jawabnya yaitu tergantung keadaan yang mengalami kangen tersebut.
             
Situasi kangen bisa saja terjadi pas kamu lagi sebel sama pacarmu, ini sangat mungkin terjadi karena situasi sebel itu kadang juga bisa membuatmu kangen sama orang yang membuat kamu sebel katakanlah pacar kamuu. Kenapa bisa? Ketika kamu lagi dalam kondisi tidak mued, bisa dikatakan lagi bête otomatis kamu akan males menghubungi pacarmu, nah rasa malas itulah yang akan merubah pikiran bête menjadi rasa ingin tau tentang dia yang tidak kamu ketahui, bagaimana dia sekarang?, apa yang dilakukan?, sama siapa? dsb lah, namanya juga anak alay jadi pengenya tau semua tentang pacarnya.
            
Kangen itu sebnarnya terjadi akibat emosional kita yang terlalu berlebihan dalam memikirkan sesuatu sampai berlebihan, mungkin khawatir dengan keadaan pacar, pengen tau kabarnya dia, atau bahkan dalam situasi yang tidak baik, seperti pas lagi marahan, itu juga bisa menimbulkan kangen yang akibatnya rasa bête itu akan tertutupi karena pikiran yang berlebihan. Sebenarnya kangen itu penting apa tidak ya?, kangen itu bisa dibilang penting juga bisa dibilang tidak penting!, kenapa demikian? Itu dikarenakan kalau pas kangen terus lagi jauh, maka akan menjadi masalah juga, masalahnya yang tidak bisa ketemu hari ini dan biasanya Cuma ngobrol-ngobrol di telpon sambil nangis-nangis karena tidak bisa ketemu, kalau ngak gitu paling sambil memandang foto pacarnya sambil senyum-senyum gitu, lama-lama kaya orang gila juga lo.
            
 Kangen itu juga penting!, kenapa? Jelas aja penting, karena kalau kamu tidak kangen sama pacarmu itu tandanya kamu sudah tidak cinta lagi dan bahkan tidak ada lagi dia terlintas dalam pikiranmu. Kangen itu juga merupakan anugrah yang diberikan tuhan sama kita, karena dengan adanya rasa kangen maka kita akan mengenal lebih jauh juga tentang cinta, rasa cinta akan timbul dengan indah bila diimbangi dengan rasa kangen. Kamu bisa bayangin ketika kamu cinta sama seseorang dan tidak adanya rasa kangen yang kamu rasakan, apa itu juga yang dinamakan rasa cinta??, bukan!! Cinta itu karena ingin lebih dekat dengan orang tersebut dan pengen selalu tau tentang dia?, bagaimana kamu ingin dekat dan selalu tau kalau kamu aja tidak kangen sama dia.
            
Ada gula pasti ada semut!, belum tentu hal itu terjadi, karena kalau gulanya ditengah laut maka semut juga males ngambil gula tersebut, bagaimana bisa semut tidak bisa berenang?. Kalau ada semut yang jago renang suruh wakilin Indonesia di sea games Myanmar tahun depan. “ada cinta pasti ada kangen” itu pasti dan tidak bisa ditawar lagi, karena cinta dan kangen itu merupakan satu elemen yang tidak bisa dipisahkan antara satu sama lain, bagi yang mau pisahin antara cinta dan kangen langkahin dulu mayat kamu sendiri. ketika kamu suka sama seseorang pasti yang ada dalam pikiranmu adalah bagaimana cara mendapatkanya? Pasti itu, kalau kata bijak ada yang mengatakan “ketika kamu suka sama seseorang, jangan pikirkan cara mendapatkanya tapi pikirkan cara membahagiakanya”  itu busyit!!.
             
Ketika kamu suka sama seseorang pasti pikiran pertamamu adalah, dia suka gak ya sama gue? Itu sudah mengarah pada bagaimana cara mendapatkanya, nah itu akan muncul karena rasa kangen yang kamu alami tadi. Pasti kalau suka sama seseorang itu banyak yang dirasakan, seperti mikirin terus!, susah tidur karena teringat!, bahkan ada yang anak lebay stadium akhir itu “makan sampai gak enak!, jelas aja gak enak wong tanggal tua dan belum gajian dan makan Cuma sama mie terus” kriting lo!. Dengan tegas gue bilang busyit kalau pikiran pertama itu ingin membuat dia bahagia tanpa memilikinya, hal itu sangat sedikit terjadi, jelas aja, karena bahagia itu kalau saling bersama dan bisa dirasakan bersama juga.
            
Merasakan bahagia tentu di idamkan oleh setiap manusia, dan rasa ingin membahagiakan orang yang kita cintai juga merupakan hal yang sangat kita idamkan. Untuk membuat orang bahagia itu harus dilandasi dengan rasa cinta dan kasih sayang juga, kalau kita mempunyai pikiran, materi juga bisa membuat orang bahagia itu memang iya!, tapi perlu diketahui itu tidak berlaku dalam hukum percitaan stadium akhir, karena orang yang buta karena cinta dia tidak akan memikirkan apa-apa selain orang yang dicintainya selalu bersama dia dan selalu ada dalam hari-harinya, itu kalau buta karena cinta, semoga kamu tidak buta karena cinta juga tidak buta mata.
             
Kembali ke pembahasan tentang kangen tadi, bawasanya kangen itu harus disyukuri walau kangen itu kadang menyiksa kita, jadi apapun yang kita rasakan dan kita jalankan dalam hidup ini selalu ucapkan “syukur” karena semua itu adalah pemberia tuhan. Kangen juga seharusnya kita syukuri Karena dengan adanya kangen maka kita akan sadar bahwa sebenarnya cinta itu indah dan cinta itu adalah anugrah yang diberikan tuhan kepadan insane manusia, tak selayaknya kita menyalahkan keadaan ketika kangen itu datang bukan tepat pada waktunya, karena kalau kita selalu menyalahkan keadaan makan secara tidak langsung kamu tidak pernah mensyukuri apa yang tuhan telah karuniakan dalam kehidupan kamu. Tetaplah bersyukur karena sampai saat ini kamu masih bisa merasakan kangen sama orang yang kamu cintai dan sayangi, juga kangen itu mengajarkan kita untuk saling berbagi waktu antara pekerjaan, hiburan dan pacar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar