Sabtu, 28 September 2013

KANTONG KOSONG gara-gara BB

  
Ketika dompet lagi kosong memang rasanya nyesek banget soob, apalagi gak ada penghasilan dan adanya Cuma pengeluaran aja, aduh rasanya itu kaya mau mati deh. Secara gitu yang namanya uang memang bukan segala-galanya bagi kehidupan ini, tapi perlu diingat soob, bahwa segala-galanya yang kita butuhkan membutuhkan uang, tanpa uang kita sulit hidup, kalau dipikir dengan logika, kehidupan ini banyak yang bergantung dengan uang, walaupun tidak semuanya. Jaman sekarang yang namanya uang itu sudah menjadi sesuatu yang waah, dan dianggap no 1.


 Coba bayangin, ketika kamu nemu anak orang dijalan dan ketemu uang 100rb dijalan yang merah merona, pasti kamu ambil duluan uangnya, gak mungkin kamu ambil anak orang, secara anak orang Cuma ngrepotin kamu aja, coba kalau uang bisa bikin hari-hari mu lebih berwarna. Berbicara soal uang, gue punya kisah yang amat sangat memprihatinkan, ketika gue kuliah semester 4, gue sama temen, lagi kehabisan duit soob, awalnya itu ya semua karena ulah gue sendiri, ketika temen-temen satu kelas udah pada punya BB semua, nah sedangkan gue pake hp jadul, secara malu gitu lo, gue kan ketua kelas.


 Ketika itu gue dikirim uang dari rumah 700rb, ya kalau buat makan aja sekitar 3 minggu cukup lah, karena banyak godaan dari temen-temen yang nyuruh gue buat beli BB, ya akhirnya iman gue tergoda dan kepincut sama omongan temen-temen. Ya sudahlah gue gak mau berpikir panjang, ada uang gue siap aja beli BB, ketika beli BB sampai di mall ternyata harganya itu 1 jt lebih, duit gue kurang, terpaksa ambil di ATM yang jumlahnya sekitar 500rb, gue ambil semua aja tanpa berpikir panjang.


 BB udah ditangan, kini terasa hidup gue beda soob, secara pake hp BB gitu, kalau waktu kemarin kan ya malu-malu gitu karena pake hp jadul, tapi sekarang ceritanya sudah berbeda, ya walaupun banyak temen-temen gue yang pake Aplle. Gue ketika itu ya susah ya seneng, senengnya punya BB tapi susahnya itu duit gue tinggal 70rb, coba bayangin dehh ketika lo punya uang segitu dan harus cukup gak cukup dipakai 3 minggu.

 gue sampek bingung soob, sampai-sampai ni gue ajak temen gue buat bunuh diri. Tapi yang gak segitunya juga kale, masak gara-gara gitu aja sampek bunuh diri, ya bukan apa-apa sih sebenarnya, kalau gue bunuh diri, BB gue pasti diambil orang dan amal gue kurang soob untuk masuk surga, secara gue jarang sholat, ngaji dsb, ya malu ketika ditanya malaikat nanti disana.


 Gue gak bisa hemat soob, karena gue itu perokok berat dan yang namanya uang gue belum bisa mengontrol dengan baik jadi ketika punya uang banyak ya gitulah, kadang-kadang juga bisa hemat sampai-sampai 1 bulan Cuma habis 400rb, tapi kalau boros kadang 1 bulan juga habis 1jt lebih. Itulah kehidupan soob, kadang kita dibuat susah dan kadang juga kita dibuat senang dalam menjalani kerasnya hidup didunia ini, tapi alangakah baiknya sebagai seorang yang masih bergantung pada orang tua baiknya itu bisa hemat-sehemat mungkin, supaya tidak terlalau menjadi beban bagi orang tua soob.


Setelah 1 minggu gue jalanin dengan uang 70rb, rasanya gue itu kaya diantara hidup dan mati soob, beneran deh, dengan uang segitu paling dipake buat beli beras cukup 1 minggu, itu belum lauknya dan apalagi buat beli rokok yang harganya 1 bungkus itu 12rb, bener-bener nguras kantong soob. Akhirnya saking bingunya gue buat nyambung hidup yang kurang 2 minggu lagi, gue pinjem aja uang ama bang wahyu, waktu itu bang wahyu juga gak punya uang, karena dia baik hati akhirnya dia cari pinjaman dan dipinjamkan lagi sama gue.

Gue bener-bener bersyukur soob ada yang mau nolong gue, kalau gue gak dapat pinjaman, yahh mungkin tinggal nama soob, secara mau makan apa coba, setelah bingung dan uang gue yang dipinjamkan dari bang wahyu habis, akirnya gue sama teman gue berencana mau jual tv dikos-kosan gue, ya tv itu bukan milik gue tapi mau gimana lagi, saking buntunya jalan untuk mencari sesuap nasi soob.

 Untung aja gue gak jadi jual itu tv, ya gue masih ingat aja, pesan kakek gue yang sudah meninggal, katanya “barang curian itu kalau dimakan tidak akan menjadi daging”, setelah gue pikir-pikir memang benar soob, jadi gue batalin aja niat jelek itu. Saking bingungya gue mau jual tas, gue punya tas banyak, rencana gue mau jual 3, langsung aja hujan-hujan gue berangkat kepasar loak’an, dan disitu gue tawarin 3 dengan harga 150rb, tapi gila, sama yang mau beli Cuma ditawar 30rb, bener-bener gila soob, gue terasa kaya mau mati aja deh, bisa bayangin gak lo soob, secara tas gue itu bagus-bagus masak ditawar 30rb, menghina banget itu orang, sumpah deh gue marah sama itu orang.

 Setelah gue muter-muter nawarin tas dan semua orang gak ada yang beli, akhirnya ada orang yang mau lihat soob, orangnya siih udah agak tua, tapi setelah dilihat-lihat tas gue, gue santai aja dan sudah agak tenang soalnya gue harap malam itu pulang mendapat uang. Tapi semua berkata lain soob, ternyata orang itu gak berani nawar, tau gak alasanya apaa?, dia bilang gak punya uang, ahh masa bodoh deh gue saat itu, udah capek dan hujan-hujanan bawa tas ternyata sampek rumah ya tas lagi gak berubah jadi uang. 

Setelah sampai kos gue bingung soob, gue belum makan malam, dan uang gue tinggal 3rb aja, gue bingung mau makan apa malam ini, tapi gue tak patah arah soob, karena gue satu rumah dengan ibu kos, jadi kalau makan malam gue ambil aja sayurnya ibu kos buat makan, jadi tinggal masak nasi aja. Makan sayuran punya ibu kos itu berlangsung sekitar 5hari lah kurang lebih, ya mau gimana lagi, tak ada cara lain soob buat nyambung hidup gue.

 Setelah minggu terakhir, akhirnya gue minta kiriman dari rumah, dan alhasil tuhan memang baik sekali dan nasib berpihak sama gue, akhirya gue dikirim uang, dan penderitaan gue berahir sudah, namun tidak berjalan mulus soob, uang gue itu buat praktik, jadi ya percuma aja, gue masih menderita lagi. Setelah itu akhirnya dengan sikap prihatin gue, uang itu cukup sampai liburan, pas liburan dirumah.

 Akhirny sampai liburan uang itu masih sisa, karena masih sisa jadi gue manfaatin aja uang itu buat jala-jalan sama pacar gue. Gue kan punya mbak pacar ni dirumah, jadi setiap minggu gue keluar kalau gak gitu ya main kerumahnya, pas gue lagi banyak uang, ok gue jalan-jalan sama dia sepuasnya, makan-makan juga sepuasnya, tapi ketika kantong gue sudah bokek, mau jalan aja rasanya kayak masuk neraka soob, susah gitu dan gak enak banget deh rasanya kalau gak punya uang sama-sekali.

 Semuanya harus disyukuri soob, walau bagaimanpun, dengan merasa cukup maka kita tau bagaimana caranya bersyukur, sebanyak dan sedikit apapun itu, bersyukurlah, karena semua itu adalah pemberian tuhan, so, tetap semangat aja walau kamu lagi menderita……………..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar