Sabtu, 28 September 2013

JUMAT Bikin Mlarat-Sekarat



    27 september 2013, hari ini merupakan akhir pekan, yang dimana waktunya untuk liburan dan untuk menghabiskan waktu bersama orang terdekat kita. Lain halnya dengan gue, pada hari ini gue bener-bener lagi dibawah, ibaratnya roda, gue berada paling bawah sendiri, jadi terjepit sama orang-orang yang diatas, yang lebih parahnya lagi gue dibawah pas bawah gue batu, jadi tambah apes lagi deh. Gue udah 1 bulan berada dimalang, dan sudah 4 pertemuan udah gue lewati dalam perkuliahan, kenapa gue bilang bahwa hari ini gue berada dibawah, yaks... karena pada hari ini uang jatah jajan dari rumah udah habis selama 1 bulan gue berada dimalang dan yang bikin nyesek lagi, uang gue hari ini tinggal Rp 700.

 Bukan 700 ribu om, tapi melainkan tuju ratus rupiah,  coba lo bayangin jika lo punya uang tuju ratus rupiah dan jauh sama orang tua yang notabenya jaraknya 225km, bisa bayangin gak betapa sedihnya dan bimbangnya hati gue saat ini. Terlebih lagi yang bikin gue agak nyesek, kiriman dari orang tua itu masih hari senin, yaitu masih 3 hari lagi, bisa-bisa mati kekenyangan gue, upss salah, kelaparan maksudnya. Awalnya sih duit gue masih Rp70.000, karena mungkin gue hari ini bener-bener lagi dibawah, jadi ada aja ternyata hal yang tidak terduga pada hari ini.

Hari ini laptop gue mati, gue bingung dan merasa kesal karena gue baru aja pulang kuliah dan buka laptop, ehh ternyata sudah sekarat, tapi gue mencoba sabar aja walaupun sebenarnya dalam hati ya pengen bakar rumah aja, tapi sayang ini bukan rumah gue, nanti kalau gue bakar bakalan masuk penjara, repot deeh.  Setelah lihat laptop gue udah sekarat, langsung aja gue telpon kerumah, ngasih tau orang tua gue, ya berharap dibeliin laptop baru, ya pengenya sih gitu, gue berharap banget ini, soalnya kalau laptop gue mati ntar gimana mau ngerjain tugas dan juga yang penting itu kalau laptopnya mati gimana gue bisa facebook’an.

Setelah gue telpon orang tua, mereka terbilang biasa aja dengan sikap dan nada yang datar aja, ya seolah mereka cuek aja. Gue mencoba yakinin mereka kalau gue bene-bener butuh laptop baru, tapi ya mereka cuek aja, ya gue mau gimana lagi wong mereka aja cuek terus gue bisa berbuat apa, duit juga kagak punya, tinggal melihat ke atas aja, siapa tau ada uang jatuh Cuma itu aja harapanya. Setelah gue telpon ternyata emak gue mikir-mikir gitu, tapi mau gimana lagi hari ini pas hari sabtu jadi gue tidak bisa menerima kiriman dari rumah hari ini, yaks.. karena bank tutup brow kalau sabtu, kalau toilet umum sih sabtu-minggu tetep buka aja.

Gue bingung aja, akhirnya karena besok itu gue praktik GIS (geographi information sistem), jadi mempelajari tentang peta namun menggunakan software, jadi siap tidak siap gue harus nyiapin laptop. Dalam keadaan kejepit gue langsung pinjem aja ke temen gue, gue pinjam aja sama jayus, akhirnya gue pinjem uang 50 ribu. setelah pijeman dapat gue langsung instal ulang laptop, nyampek ditempat instal gue tanya sama karyawanya, dia bilag instal ulang 75 ribu. Dengan begitu Pd nya gue tawar aja, 50 ribu, ehh gue udah merengek berharap instal bisa kena 50 ribu, tapi apalah daya tuhan berkata lain, mau tidak mau ya gue harus bayar 75 ribu walau dengan berat hati dan muka yang kusut seperti celana dalam bencong.

Akhirnya instal laptop udah selesai, due langsung bergegas pulang, sebenarnya gue masih betah disitu, soalnya gue instal di mall dan disitu ada acara yang bikin mata melek. Gue langsung pulang dengan alasan sendiri, kenapa gue langsung pulang? “Gue kagak punya uang brow” kalau gue lama-lama disitu pasti akan menghabiskan uang banyak, nah sedangkan uang gue tinggal 29 ribu.

    Akhirnya gue langsung pulang dan kebetulan lagi apesnya bensin gue habis, bener-bener apes gue hari ini, dengan uang yang pas-pasan akhirnya gue iklhasin aja yang 9 ribu. Gue ngisi bensin di SPBU dan ditanya, berapa mas? Gue jawan “9 ribu mbak” ehh petugasnya sambil senyum, mungkin orang ini ngira kalau tampang gue ini kere, tapi ya sudahlah memang tampang kere mau gimana lagi aja dengan woles.

Kata petugas SPBU, “kok uangnya lencu semua mas” wah gue ngira petugas ini bene-bener njengkelin, langsung aja setelah selesai gue pergi aja, gue udah gak kuat kalau begini terus.  Sampai dirumah akhirnya gue tidur aja, karena udah capek dan uang juga udah ludes dan tinggal 20 ribu, kebetulan godaan ada aja, pas gue lagi kere kok ya ada orang jualan cilok yang nawarin gue  cilok. Padahal pas hari biasa gak ada yang nawarin, nyapa aja kadang-kadang, wah hari ini gue bener bigung sama dunia ini, apa sebenarnya maksud hari ini, ya sudahlah, tanya tuhan aja nanti.

Karena gue udah ngantuk dan capek akhirnya gue tidur ditemenin sama mbak pacar, eitss bukan ditemenin satu kamar melainkan ditemenin lewat telpon. Paginya ternyata gue lihat dompet masih tetep aja isinya 20 ribu, ya gue sih berharap siapa tau duit  gue tambah gitu kan lumayan. Setelah bangun gue langsung mandi dan berangkat kuliah, karena kuliah gue ini teknik jadi cepet aja yaitu 1 jam udah selesai, setelah selesai kuliah gue diajak temen-temen buat ke kantin, sebenarnya sih pegen banget ke kantin tapi mau gimana uang tinggal 20 ribu, kalau uang ini buat ke kantin lha untuk besok apa coba sedangkan kiriman duit gue masih  2 hari lagi. Gue pura-pura aja udah kenyang gitu supaya kagak gengsi, nanti kalau gue bilang gak punya uang kan gengsi dong.

     Pas mau pulang gue keinget, ternyata gue belum fotocopy materi, akhirnya gue lihat di tas ternyata ada recehan, ya cukup lah buat foto copy 10 lembar. Sampai di kos gue lihat tidak ada nasi, beras juga habis, bener-bener nyesek hari ini, perut gue udah merengek pengen makan tapi apa coba yang dimakan.

    Akhirnya karena gue laper gue aja jayus buat beli beras, karena uangnya Cuma 20 ribu ya Cuma cukup buat beli beras dan sisanya buat beli lauk, sisa uang itu buat beli tempe dan  sore ini gue makan sama tempe karena uang pas-pasan gue syukuri aja karena gue masih bisa makan walaupun Cuma sama tempe. Pada akhir ceritanya uang gue hari ini sisa 700 perak, dan kalau dibelikan premen Cuma dapat 3 biji aja, buat naik becak paling Cuma suruh nyium ban’nya doang apalagi naik odong-odong paling Cuma suruh dorong aja

  Apapun yang terjadi hari ini gue tetep bersyukur aja karena dalam keadaan apapun gue masih bisa merasakan nikmatnya makan nasi. Kakek gue selalu ngajarin gue” bahwa hal yang indah itu datangnya belakangan setelah kita sukses” dan pesan itu selalu gue ingat sampai sekarang.

     Karena walau bagaimanapun hidup itu perjuangan dan untuk mencapai kesuksesan itu butuh perjuangan yang sangat panjang. Sekian dulu coretan gue hari ini semoga kalian juga selalu bersyukur walau hidup ini kadang tidak menyenangkan, so jalani aja dengan bersyukur karena apapun itu semua adalah pemberian tuhan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar