Sabtu, 28 September 2013

SEMANGAT SHOLAT TARAWIH


 Bulan puasa memang sangat ditunggu-tunggu bagi umat islam, dan itu semua tak terkecuali gue soob, alhamdulilah gue sampai hari ke-25 menjalankan puasa, walaupun kadaang –kadang juga bolong. Puasa kan itu dilaksanakan pada siang hari, nah sedangkan pada malam hari yang tak kalah menyenangkan, yaitu pada saat menjalankan sholat tarawih, yang namanya sholat tarawih tentu akan menambah amal dan pahala kita. bagaimana dengan rekan-rekan semua??, apakah pada malam hari rajin  sholat tarawih??, tentunya harus dong, biar menjadi manusia islam yang sempurna.

Bicara soal sholat tarawih, tentu yang namanya kebersamaan itu pasti terjalin erat soob, saat berada dimasjid, seperti cerita gue ini ketika melaksanakan sholat tarawih. Ok,,, langsung aja ni, gue itu kadang semangat banget ke masjid, tapi juga kadang semangat itu sedikit berkurang, eits,, ini bukan males yaa!, Cuma sedikit berkurang aja semangatnya, ketika malam pertama, waktu itu jama’ah dimasjid gue sedikit soob, entah itu malam pertama atau apa gue juga gak tau alasan mereka pada gak ke masjid.

Karena itu malam pertama, jadi sholat tarawih gue ya tak buat sebaik mungkin biar amal ibadah gue tidak sia-sia, kalau sia-sia kan akhirnya akan menjadi percuma saja. Gue itu punya tetanggal yang masih kecil, dan bisa dibilang masih bau kencur, dia itu masih kelas 4 SD, jadi dengan usia kira-kira 10th lah, ya masih bocah. Gue sangat salut soob, ketika dia itu sangat rajin sekali dalam menjalankan sholat tarawih, tapi disini perlu digaris bawahi, bahwa anak itu Cuma rajin datang aja dan rajin  membuat onar dimasjid.


Sebut saja namanya Dado, dia itu anaknya memang bener-bener nakal, dan sangat menjengkelkan sekali, coba lo bayangin aja, ketika sholat tarawih dia itu suka ribut sendiri, alias mencari sensasi atau perhatian ketika dimasjid, gue heran aja, ini bocah memang bener-bener bocah nakal, atau mungkin ini adalah bocah yang tidak wajar menjadi bocah,,, ya sudahlah, daripada gue bingung kan mending gue lanjut cerita aja.

Sebelum berangkat tarawih, dia selalu mampir ke rumah gue, entah dia setia sama gue atau ada maksud lain, “ada udang dibalik tutup lauk kah”, gue juga tak tau soob, tapi yang pasti dia rajin mampir rumah gue. Ketika waktu sholat, saat itu gue berangkat sudah telat, ya jarak rumah gue ke masjid itu sekitar 50 meter aja, jadi dengan jarak yang seperti itu, gue bisa santai berangkat ke masjid, ketika gue udah nyampek dimasjid, ehh si dado ternyata udah duluan nyampek dimasjid, karena gue tadi datangnya telat, jadi gue sholatnya dibelakang.

Dado awalnya itu didepan, tapi ketika dia melihat gue dibelakang, langsung aja dia nyamperin gue dibelakang, dan sholat disebelah gue. Sebenarnya gue juga punya temen lain yang notabennya itu adalah suka ribut sendiri kalau dimasjid, ya kalau dibilang itu, mereka sudah pada dewasa semua, ya umurnya itu sejajar lah dengan gue. Kalau sholat tarawih gue itu selalu duduk dibelakang, ya bukan apa-apa alasanya itu, melainkan gue selalau telat kalau datang ke masjid, gue itu selalu berangkat pukul 19.10, jadi sholat isya itu dimulai pukul 19.00 tepat, karena gue telat, jadi gue tidak ikut sholat isya.

Semua Cuma kadang-kadang aja, ya paling kalau gue udah pada sholat sudah dapat 2 rhoka’at gue baru nyampek, jadi ya gue nyusul aja. Karena tempat gue selalau dibelakang, jadi yang namanya sholat itu kurang mantab soob, jadi yang namaya baris paling belakang itu godaanya luar biasa, “Besar”,, jadi kalau gue boleh usul sama nabi muhamad, gue pengen bilang sama beliau, “kalau orang yang sholat dibelakang dengan baik dan khusuk, maka amalnya akan diperbesar dibandingkan baris yang lain”. Beneran soob, dibelakang itu “kalau imanya tidak kebal maka dia akan terlempar”.

Ketika itu gue melaksanakan sholat tarawih dengan baik, awalnya aja soob,tapi setelah dibelakang gue banyak temen yang ngrecokin, jadi sholat gue berubah jadi tidak semulus pahanya pacar gue. Karena gue imannya tidak kebal, jadi kalau ada orang yang tertawa dibelakang, bawaanya gue pengen ikut aja, entah ini godaan atau mungkin ini ciri khas gue yang selalu pengen ikut sama orang banyak, tapi mau gimana lagi, yang namanya manusia itu emang tempat salah dan dosa, jadi gue ya berharap untuk sholat selanjutnnya bisa lebih baik lagi. Tapi akirnya setelah lama, dan sholatnya hampir selesai, gue perlahan ngumpulin iman gue dan memulai sholat dengan lebih baik lagi supaya apa yang gue lakukan dimalam itu bisa diteima oleh allah swt.

Selanjutnya, ini adalah malam terakhir gue sholat tarawih, eitss,, bukan gue mau kemana-mana ya, tapi ini memang malam terakhir melaksanakan sholat tarawih, karena ini malam terakhir, gue berharap mala mini dapat berkah yang luar biasa. berangkat gue lebih awal soob, yaitu pukul 19.00 kurang, ya tau sendiri, kalau malam terakhir itu kan harus bener-bener dijalani dengan sepenuh hati, kalau biasanya gue berangkat jam 19.00 lebih untuk kali ini gue bener-bener niat soob. Selesai makan gue berangkat, dan syukur gue belum telat untuk sholat isya, langsung aja gue masuk, karena gue berangkat lebih awal, jadi gue bisa sholat dibaris ke-2, walau bukan yang pertama tapi masih bersyukur gue masih menempati urutan 2, kan biasanya kalau gak baris 5-6, jadi gue beruntung banget mala mini.

Gue langsung aja berdiri ketika imam sudah mulai berdiri, gue melaksanakan sholat dengan khusu, karena dibelakang gue itu yang sholat orang-orang tua jadi gue lega aja soalnya malam mini gue berharap tidak ada halangan dan menggangu sholat tarawih gue. Setelah sholat isya kan langsung sholat tarawih, nah setelah mulai shoala itu, ternyata dibelakang gue sedah banyak anak-anak yang biasanya pada guyonan kalau melaksanakan sholat, gue eran aja, kenapa tadi tidak ada, ehh sekarang malah nonggol. 

Karena banyak yang guyonan dibelakang, jadi ya terpaksa sholat gue tidak bisa sepenuh hati dan konsentrasi gue terpecah sama yang dibelakang. Luar biasa untuk mala mini, ngak tau karena apa yang pasti malam mini malam terakhir sholat tarawih, dan yang paling mengherankan, guyonan malam mini sangat luar biasa sekali. Pasar yang ramenya luar biasa, masih kalah sama ramenya tempat gue tarawih kali ini, kalau dibandingkan malam kali ini seperti orang lihat konser SLANK. Rame luar biasa.

Hal yang bikin gue heran malam ini adalah ketika dado pas sholat dan mau sujud, tiba-tiba dari belakang datang a'an dan langsung aja diangkat pantatnya dado ke-atas. secara langsung dado jatuh dan kepalanya mbentur lantai sampai bunyi, cdoooook. gue heran anak kecil yang usanya 11th tidak nangis, dan yang bikin gue heran lagi dia malah bilang Djan......k. kata yang tidak semestinya dimajid, tapi karena anaknya yang nakal jadi terpaksa kata itu dikumandangkan dimasjid.

Kadang gue sedih kalau seperti ini terus soalnya masjid tempat gue ini Cuma 1th sekali aja dilaksanakan buat ibadah, entah mengapa alau hari biasa itu orangnya sepi, paling Cuma 4-5 orang aja. Bulan puasa lumayan rame sampai masjid penuh-penuh, sampai juga ada orang yang tidak kebagian tempat untuk melaaksanakan sholat tarawih. pokoknya isi hati gue sebenarnya sama seperti gambar diatas, gue sedih karena ibadah gue belum bisa sepenuh hati.

Sekian dulu sob coretan gue untuk kali ini, tentunya masih banyak tulisan gue yang aca-acakan dan bahasanya kurang pas, untuk itu gue mohon kritik dan saranya dari rekan-rekan semua melalu coment dibawah, trimakasih

 ___Sesungguhnya allah menciptakan  manusia untuk beribadah kepadanya (Allah swt)._____

Tidak ada komentar:

Posting Komentar