Selasa, 15 April 2014

PENYAIR DADAKAN


Seorang penyair itu identik dengan sastra, dimana rangkaian katanya begitu indah dan begitu tersusun dengan baik. Menjadi seorang penyair itu tidak mudah dan tidak bisa secara otodidak, apalagi penyair kondang yang sudah terkenal, semua itu membutuhkan perjuangan dan pengetahuan yang luar biasa. Semua orang memang bisa menjadi seorang penyair yang hebat, asalkan mau belajar dan mempunyai kemauan yang ulet.

Pada era decade terakhir ini gue merasa bingung dengan kehidupan ini, dimana semua orang begitu mudahnya menjadi seorang penyair. Bahkan yang menjadi lebih mengherankan adalah, mereka itu hampir semuanya adalah penyair dadakan yang memang tak pernah mengenal sastra sebelumnya. Bahkan penyair dadakan ini adalah anak yang memang masih muda sekali, anak SD pun bisa menjadi penyair dadakan.

Lahirnya penyair kondang tersebut karena adanya situs jejaring ikan “Gesbuk”, media inilah yang memberikan sumbangsi besar terhadap lahirnya insan-insan muda yang kelak menajadi penyair kondang dan terkenal satu RT.  Kebanyakan para penyair dadakan ini berawal dari masalah “Cinta”, mungkin karena lagi putus sama pacar, lagi bertengkar, pacar lagi selingkuh, pacar lagi ngambek, bahkan pacarnya lagi Menstruasi pun dia buat status hehe.

Selanjutnya yang bikin gue tercengang lagi yaitu, orang yang sudah mengenal Gesbuk, disamping dia menjadi penyair dadakan dia  juga bisa berubah menjadi orang yang puitis, bijak dsb. Padahal sebelum dia mengenal fb, dia sama- sekali ngak romantic, pagil pacarnya “Sayang” aja hanya tiap malam suro. Tapi kalau sudah mengenal fb semua orang jadi romantic dan kata-kata puitisnya itu yang bikin ngak nahan para pembacanya.

Gue juga punya teman yang mulai mengenal fb belum lama aja, dia orangnya biasa saja, orangnya tidak romantic, ngak puitis apalagi bijak. Seperti inilah cerita teman gue:

Parjo dan sri belum lama ja kenal fb, mungkin beberapa bulan yang lalu, sri tau fb itu dari temennya yang datang dari kota. Waktu itu sri di kasih tau ningsih soal fb, waktu itu ningsih cerita kalau di fb itu statusnya bisa di buat “Pacaran, Tunangan’menikah dsb. Sri sangat tertarik, akhirnya sri minta tolong ningsih untuk di buatin fb, dan setelah jadi sri ngomong sama sang pujaan hati yaitu parjo yang lagi merantau di Jakarta menjadi teknisi odong-odong.

Parjo pun terkejut dan bingung ketika sri cerita bahwa fb itu bisa di buat Tunangan dan Menikah, karena parjo orangnya masih awam, jadi dia nyamain fb itu seperti KUA, Yang bisa buat nikah dan ngesahin hubungan. Sri pun meyakinkan parjo, akhirnya lama-lama parjo pun sedikit paham, walau sambil melamun kaya orang bodoh. Akhhirnya pun parjo di buatkan fb oleh sri, dan langsung aja, statusnya di buat menikah, dengan anggapan bahwa mereka ngak akan nikah lagi ke KUA nanti, karena sudah sah di fb

Suatu saat ketika parjo dengan sri lagi marahan sama parjo karena parjo ngak sms sri selama satu hari. Sri pun marah dan dia sms’n sama orang lain, waktu itu parjo tau kalau sri lagi sms’n sama orang lain karena yang di sms sri adalah kupri temenya parjo. Akhirnya mereka bertengkar lewat telpon, setelah lama cek-cok sri pun menekan tombol merah di hp nya dan selesai sudah telponya. Setelah itu parjo buat status di fb, dan menjadi sok puitis dan bijak, statusnya seperti ini:

Mungkin hanya sunyinya malam ini yang mampu mendengarkan curahan hatiku, percuma aku mengutarakan keinginanku jika kamu tak pernah menggharrgai isi hatiku. Biarkan dia pergi dan aku tak akan peduli dengan apa yang terjadi kali ini. selamat jalan Sri”

Seperi itu lah statusnya parjo, saat itu kebetulan sri juga lagi fb’n sontak melihat statusnya parjo yang begitu, sri langsung comen di statusnya parjo.

Sri       : Apa makcut u ngmong bgtcu, (maklum, sri kan alay)
Parjo   : Pergilah kamu jika memang aku sudah tak berarti lagi dalam hidupmu, mungkin dia wajahnya lebih baik dari aku, tapi cintaku lah sebenarnya yang terbaik untukmu.
Sri        : Q gak akan gitu clo u tdi cmc q, tpi u cama ckali gak anggp q, (sambil nangis dan menahan kencing)
Parjo    : Tak perlu mengungkit yang lalu, kalau memang sejati apapun itu tak akan jadi masalah, mungin kita memang tidak sejalan dalam kisah ini, biarkan aku pergi mencari jati diri ini.
Sri        : Ya udah loe gue end. (sambil banting bapaknya yang lagi tidur)
Parjo   : Ku turuti kehendakmu, jika memang itu yang terbaik untukmu. Aku do’akan biar itu menjadi jalan hidupmu yang terbaik. Dan ketahuilah sri, bahwa kesetianku akan selalu menemani di setiap jejak langkahmu. (parjo sambil menangis dan sembunyi di belakang lemari)

Dari cerita temen gue di atas sudah jelas bahwa situs jejaring ikan ‘Gesbuk” itu memberikan dampak yag luar biasanya bagi para penggunanya. Perlu di ketahui juga bahwa gebuk juga memberikan pelajaran yang luar biasa bagi para penggunanya, seperti kisah tadi, parjo bisa menjadi orang yang puitis dan bijak berkat gesbuk. Hemat juga ternyata, untuk menjadi yang bisa merangkai kata-kata indah seperti Super Mario tidak perlu kuliah jauah-jauh ke inggris, tinggal buka gesbuk semuanya bisa di atur.

Semua media yang ada itu memang banyak hal positif dan negatifnya, tapi itu semua tergantung kita yang menjalaninya. Untuk itu ambilah positifnya saja, dan jangan di ambil hal yang negatifnya, karena apapun itu kalau negative pasti tidak akan baik untuk kehidupan kita. Dan juga manfaatkan seperlunya kita aja, jangan berlebihan, semuaa yang berlebihan itu akan membawa dampak yang tidak baik.

Sekiat tulisan dari gue hari ini, semoga menghibur, Thanks

Tidak ada komentar:

Posting Komentar